Sesi Online AIMI Diikuti Ayah Juga Lho…

Sabtu (14/11) Kolaborasi antara AIMI Jateng, AIMI Purwokerto, dan AIMI Solo (tergabung dalam AIMI Jateng Raya) mengadakan kelas Sesi Online AIMI (Selami) untuk menyampaikan materi MPASI 1. Materi meliputi pentingnya MPASI, prinsip MPASI gizi seimbang, MPASI menu keluarga.

Peminat kelas MPASI 1 sangat banyak bahkan sampai melebihi batas kuota. Ada satu peserta yang cukup menyolok diantara peserta lainnya karena peserta tersebut adalah seorang ayah.

Ahmad Hakim, dia merupakan satu-satunya peserta pria, dia sangat antusias mengikuti kelas ini untuk bekal memberikan MPASI anaknya, menurutnya tugas mengasuh anak tidak hanya tugas ibu semata namun tugas bersama antara ibu dan ayah.

“Saya mengikuti kelas-kelas sejak istri saya hamil sampai sekarang menyiapkan anak untuk MPASI, karena pengasuhan anak bukan hanya tugas istri tapi juga saya sebagai ayah,” begitu ungkapnya.

Dalam kelas online zoom ini dijelaskan bahwa MPASI merupakan salah satu tahapan standar emas asupan bayi, setelah IMD dan asi eksklusif. “Setelah anak memasuki usia 6 bulan, maka kebutuhan asupan gizinya tidak cukup hanya dari ASI, untuk itu perlu dikenalkan dengan MPASI,” jelas Ratna Dewi Kumalasari, salah satu pemateri. Selanjutnya Ketua Divisi Dana Usaha AIMI Cabang Solo menjelaskan memulai MPASI dan komposisi MPASI yang tepat diberikan kepada anak.

Selanjutnya dijelaskan juga salah satu pemateri bahwa MPASI Rachmadhani disesuaikan dengan menu keluarga, asupan makanan oleh keluarga tersebut maka boleh diberikan kepada anak, dengan memperhatikan tekstur sesuai dengan usianya.

Selain itu di kelas online ini juga dijelaskan pentingnya makanan MPASI buatan rumah dan menghindari MPASI pabrikan. “MPASI pabrikan bukan jaminan ketercukupan gizi, karna kebutuhan setiap bayi berbeda-beda, ” jelas oleh Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Daerah Jawa Tengah Rachmadhani. Nisrina

Facebook Comments
Ayo Berbagi Informasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *